HASIL LOMBA ESC 2021 MGMP
UNDANGAN LOMBA ESC 2021 MGMP
PETUNJUK
PELAKSANAAN DAN TEKNIS
LOMBA
KREATIVITAS BERBICARA BAHASA INGGRIS /
ENGLISH SPEAKING COMPETITION (ESC)
MGMP BAHASA INGGRIS 2021
SMP KABUPATEN SIDOARJO
Kantor:
SMP NEGERI 1 SIDOARJO
JL.
GAJAH MAGERSARI SIDOARJO
PROPINSI
JAWA TIMUR
NOMOR
TELP : 031 – 8941179/ Fax 013-8946621
LOMBA
KREATIVITAS BERBICARA BAHASA INGGRIS /
ENGLISH
SPEAKING COMPETITION (ESC)
A. Latar Belakang
Berbicara dipandang sebagai
keterampilan berbahasa yang sangat penting yang harus dikuasai oleh siswa
(Hyland, 2007). .Dengan keterampilan berbicara yang baik, seseorang dapat
menyebarluaskan pemikiran, pandangan, pendapat, gagasan atau perasannya tentang
berbagai hal secara produktif, menarik, dan mudah dipahami. Akan tetapi,
keterampilan berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang paling sulit
dikuasai karena berbicara adalah proses kognitif yang sangat rumit (Sibarani,
2007). Aktivitas berbicara tidak dapat dilepaskan dari budaya baca-tulis (Barton,
Hamilton, & Ivanic, 2000).
Budaya baca-tulis (literasi) merupakan kebalikan dari
budaya dengarucap (orasi) (Alwasilah, 2005). Orang yang berpendidikan biasa
disebut literat karena mampu melakukan keduanya. Pembelajaran berbicara sebagai
salah satu aspek dalam pembelajaran bahasa kurang ditangani dengan
sungguh-sungguh. Siswa dan guru biasanya lebih menekankan kegiatan pembelajaran
terhadap penguasaan materi yang mengarah pada keberhasilan siswa dalam ulangan
tertulis. Padahal, belajar membaca merupakan seperangkat proses yang kompleks
dan sulit sehingga memerlukan kerangka metodologi pembelajaran yang jelas pada
semua tahapan pembelajaran (Knapp & Watkins, 2005). Salah satu upaya MGMP
Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
adalah dengan melakukan kegiatan ESC lomba
kreativitas berbicara bahasa inggris /English Speaking Competition.
Kegiatan tersebut berpotensi menanamkan
karakter dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, bukan hanya di
tingkat lokal dan nasional, tetapi juga regional dan internasional. Hal
tersebut adalah wujud nyata dukungan terhadap pelaksanaan pendidikan berbasis
kompetensi yang diusung oleh Kurikulum 2013, yang mencakup pengembangan sikap
dan karakter, keterampilan berpikir kritis, serta pengetahuan yang diperlukan
untuk dapat menghadapi keragaman, perubahan, dan perkembangan yang terus ada
dan terjadi dalam kehidupan pribadi, masyarakat, dan profesi pekerjaan. Beberapa
teks yang menjadi bagian penting bagi pembangunan karakter generasi penerus
adalah cerita rakyat, pengalaman, deskripsi. Indonesia yang terdiri dari
beragam suku, budaya serta adat istiadat adalah negara yang kaya akan cerita
baik berupa dongeng, mitologi maupun jenis cerita lainnya. Kekayaan ini sudah
selayaknya dipertahankan dan dilestarikan supaya generasi penerus tetap
mengenal akar budayanya. Sebagai bagian dari masyarakat global yang juga
bertanggung jawab terhadap masa depan bumi ini, generasi muda juga perlu
memiliki semangat untuk menjadikan cerita asli Indonesia dikenal luas di dunia
internasional agar nilai-nilai luhur bangsa ini dapat ditebarkan ke
bangsa-bangsa lain. Caranya, antara lain, adalah dengan menyampaikan
cerita-cerita asli Indonesia dengan bahasa pengantar yang dikenal luas, dan
bahasa Inggris adalah salah satunya.
Dengan kemampuan berbicara bahasa
Inggris, generasi muda juga dapat mengasah keterampilan siswa juga meningkatkan
keterampilan berpikri kritis dengan membandingkan, mengambil pelajaran dan
menggunakannya untuk mengembangkan nilai-nilai yang bermanfaat bagi dirinya dan
lingkungannya. Melalui kegiatan yang
terarah, mengenal dan membaca cerita dari berbagai bangsa akan berpotensi
membuka wawasan generasi penerus untuk pengembangan karakter bangsa yang
terbuka, selalu ingin tahu, mudah beradaptasi, menghargai perbedaan, tidak
merasa paling benar, dan bahkan akan semakin menyadari kekurangan diri dan
budayanya. Di sisi lain, kegiatan tersebut juga akan berpotensi menumbuhkan
kesadaran akan berbagai kelebihan yang dimiliki bangsa ini, yang akan berdampak
pada tumbuhnya rasa bangga, percaya diri, dan semakin terkikisnya rasa rendah
diri dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain.
Kegiatan ini tidak hanya berorientasi
pada kejuaraan. Esensi kegiatan ini terletak pada nilai pendidikannya, sebagai
pengalaman belajar (learning experience), sekaligus sebagai upaya menguatkan
pendidikan karakter, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati,
solidaritas dan toleransi. Agar pelaksanaan ESC 2021 sebagaimana yang dimaksud
dapat terlaksana dengan baik, maka perlu disusun buku petunjuk pelaksanaan yang
dapat digunakan sebagai pegangan panitia, siswa, guru, dewan juri dan
pihakterkait.
B. Dasar Hukum
1.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.
Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
3.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.
Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
5.
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan
Pendidikan.
6.
Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
7.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan
Kesiswaan.
8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor
23 Tahun 2015tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
C. Tujuan
1. Meningkatkan keterampilan berbicara peserta lomba
terutama kreativitas bercerita Bahasa Inggris lisan dan tulis melalui lomba ESC;
2.
Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa guna meningkatkan
prestasi belajar pada bidang Bahasa Inggris;
3. Mengembangkan kreativitas dan daya pikir kritis
siswa SMP se-Sidoarjo dalam menafsirkan isi cerita, mengembangkan cerita, serta
menyampaikan cerita secara lisan di depan public
4. Membina dan memacu kreativitas peserta sebagai
sarana promosi bakat dan minat peserta;
5. Mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa
yang berwawasan global.
Siswa SMP/MTs negeri dan
swasta atau yang sederajat se- Kabupaten Sidoarjo.
E.
Pengertian ESC
Kegiatan
ESC (English Speaking Competition) 2021
adalah suatu kegiatan yang bersifat mengasah keterampilan berbicara Bahasa
Inggris antar siswa SMP atau yang sederajat dalam lingkup wilayah Sidoarjo yang
diadakan oleh MGMP Kabupaten Sidoarjo.
Ada
3 cabang lomba:
1. Kelas
7 Descriptive text.
2. Kelas
8 Recount Text
3. Kelas
9 Narrative text
F.
Tema Lomba ESC
Pada tahun 2021, ESC bertema: “Boost your creativity in
this pandemic”
Sedangkan sub tema
masing-masing:
·
Kelas 7 Descriptive text.
(My favourite animals, people, or things)
·
Kelas 8 Recount Text (Experience
of learning during Covid 19 pandemic)
·
Kelas 9 Narrative text (Indonesian
Story and international story. Kedua tema ini optional, bisa dipilih
salah satu, diusung untuk memberi ruang sebesar-besarnya kepada peserta didik
untuk terus berimajinasi.)
G.
Cabang Kreativitas Berbahasa Inggris yang
Dilombakan
Cabang yang dilombakan tahun
2021 ini terdiri atas 3 (tiga) jenis cabang sebagai berikut :
1. Kelas
7 Descriptive text.
2. Kelas
8 Recount Text
3. Kelas
9 Narrative text
H.
Hasil yang Diharapkan
1.
Terciptanya suasana kompetitif yang sehat antar siswa, antar sekolah, dan antar
provinsi di bidang literasi;
2.
Mengembangkan penguatan pendidikan karakter di bidang literasi dan sastra
melalui kreativitas siswa;
3.
Terwujudnya rasa cinta untuk melestarikan nilai tradisi yang berakar pada budaya
bangsa;
4.
Terwujudnya sikap nasionalisme, kerjasama dan toleransi terhadap nilai tradisi
yang berakar pada budaya bangsa; dan
5. Terwujudnya rasa
bhinneka yang semakin kuat.
6. Terkumpulnya berbagai
video yang dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran bagi SMP/ MTs bagi
guru dan siswa.
I.
Penyelenggaraan Lomba
Lomba
dilaksanakan secara online, Hari Selasa, tanggal 9 Feb hingga 9 Maret untuk
tahap pengumpulan video dan penilaian masyarakat umum.
J. Persyaratan
Peserta
Persyaratan peserta
adalah siswa SMP/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat dengan ketentuan
sebagai berikut:
1.
Siswa kelas VII, VIII, atau IX tahun ajaran 2020/2021 yang masih berstatus sebagai
siswa SMP saat mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala
Sekolah yang bersangkutan;
2.
Memiliki NIS (Nomor Induk Siswa)
3. Dikirim oleh sekolah
yang bersangkutan dengan jumlah peserta minimal 2 (dua) siswa untuk
masing-masing cabang lomba tiap level.
4. Peserta hanya berhak
mengikuti satu bidang lomba.
K.
Ketentuan Lomba
1. Pendaftaran dibuka
sejak diumumkan. Semua pendaftaran telah diterima oleh panitia
selambat-lambatnya 9 Maret 2021;
2.
Peserta lomba diwajibkan mengisi formulir pendaftaran online dan mendapatkan
ijin mengikuti lomba oleh kepala sekolah;
3.
Video yang dilombakan menjadi hak tayang MGMP Bahasa Inggris dan dapat diunggah
oleh panitia lomba untuk menambah khasanah video pembelajaran berbagai macam
teks pada sekolah-sekolah Negeri maupun swasta (SMP/ MTSN/ sederajad) se-Kabupaten
Sidoarjo dengan mencantumkan nama peserta sebagai sumber data;
4. Video peserta yang
terpilih sebagai juara akan menerima penghargaan berupa uang pembinaan, trophy
dan sertifikat Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan kabupaten Sidoarjo.
L. Kriteria Juri
1.
Memiliki kompetensi di bidang/cabang yang dilombakan.
2.
Dapat bertindak adil, profesional dan jujur serta tidak memihak kepada siapa
pun.
3.
Memiliki pengalaman penjurian di bidang/cabang yang dilombakan.
4.
Memahami Juklak dan Juknis Lomba Speaking (ESC) 2021
M. Prosedur, Teknis
Lomba dan Peraturan
Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/
English Speaking Competition (ESC) 2021 secara umum:
a. Semua peserta mengenakan
seragam sekolah masing-masing, kecuali untuk storytelling menyesuaikan cerita
b. tidak ada unsur yang
menyinggung pertentangan SARAP (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, dan Politik)
c. Video berdurasi 3 hingga
5 menit
d. Video tanpa intro ataupun
outro, langsung pada pembuka/perkenalan diri, konten/ isi, dan penutup dengan menggunakan
Bahasa Inggris.
e. Karya yang dibuat merupakan karya orisinil dan
tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun.
f. Panitia tidak menerima komplain keterlambatan
dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/ informasi dari panitia lomba.
g. Pengumpulan karya diusahakan 1 minggu sebelum batas
akhir pengumpulan karya.
h. Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon
peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah
ditetapkan.
i. MGMP Bahasa Inggris memiliki hak publikasi untuk
dapat bermanfaat bagi pembelajaran di SMP/ MTS
j. Keputusan panitia dan/atau juri tidak dapat
diganggu gugat.
Untuk prosedur dan Teknis
Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 secara khusus dirinci
masing-masing jenjang :
1.
Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021
bagi Kelas 9, teks narrative:
a. Bentuk cerita mencakup cerita rakyat (folklore),
mitologi (myth), legenda (legend), dan fabel (fable) dengan “sentuhan baru”
secara inovatif baik dalam penafsiran isi pesan, pengembangan alur cerita,
ataupun teknik penyajiannya. Sebagai contoh, pendongeng atau story teller mampu
mengubah susunan alur cerita, sudut pandang bercerita/gaya penceritaan,
menambah detil cerita tanpa “merusak” inti cerita dan kreatifitas lainnya.
b. Penggunaan properti dan kostum diperbolehkan, namun
hendaknya tidak mengganggu storyteller maupun penonton. Properti dan kostum
yang berlebihan atau tidak mendukung tercapainya tujuan bercerita tidak
disarankan. Story telling lebih menekankan kekuatan kata (power of words),
ketercapaian pesan dan interaksi dengan penonton.
c. Cerita yang dipilih harus sesuai dengan tema lomba.
Cerita dapat diambil langsung atau saduran dari cerita yang sudah ada, atau
dimodifikasi sendiri oleh peserta. Isi cerita memberikan keteladanan dalam
menerapkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.
d. Setiap peserta menyampaikan satu cerita, 3 sampai 5
menit. Tanpa intro dan outro, langsung pada perkenalan diri, konten, dan
penutup.
e. Mengenakan
busana yang rapi sopan santun, menyesuaikan cerita, tidak merepotkan peserta
maupun pembimbingnya;
g.
Pengumuman juara 123
h.
Sertifikat peserta, dan
sertifikat guru pembimbing diberikan secara online melalui email/ google drive.
(e-certificate)
2.Prosedur
dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 bagi Kelas
8, teks Recount:
a. menceritakan pengalaman belajar di rumah “staying at
home and practicing English.”
b. pengalaman adalah nyata
dialami oleh peserta didik sendiri, bersifat positif membangun ,bukan rekaan/
fiksi, dan dapat menginspirasi peserta didik lain.
c. diceritakan menggunakan
bentuk lampau/ past tense
d. Menyampaikan
secara kreatif, boleh menggunakan alat
bantu/ media yang mendukung secara lisan dengan muka menghadap langsung
ke penonton, dengan cara berdiri dan/ atau duduk pada satu titik, dan dilakukan
secara komunikatif.
e. Mengenakan
seragam sekolah masing-masing.
3.Prosedur
dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 bagi Kelas
7, teks Descriptive:
a. mendeskripsikan benda, binatang atau orang yang
disukai oleh peserta didik dengan tema “My favourite things, animals, and
people”
b. Hal yang dideskripsikan
bersifat positif membangun, dapat menginspirasi peserta didik lain dan dapat
dijadikan sumber pembelajaran.
c. Dideskripsikan dengan
simple present tense, masa sekarang.
d. Menyampaikan
secara kreatif, boleh menggunakan alat
bantu/ media yang mendukung secara lisan dengan muka menghadap langsung
ke penonton, dengan cara berdiri dan/ atau duduk pada satu titik, dan dilakukan
secara komunikatif.
e. Mengenakan
seragam sekolah masing-masing.
P. Waktu
dan Pelaksanaan
Kompetisi Bahasa Inggris (English
Speaking Competition 2021) dilaksanakan pada :
Hari,
tanggal :
Selasa, 9 Februari sd 9 Maret 2021
Tempat :
Online
Q. Pendaftaran:
1. Peserta
lomba mendaftar dengan melakukan transfer Bank Jatim no rekening 0262725529 a.n
Yuli Sudarmanto persiswa @ Rp.75.000,-
2. Bukti
transfer jangan sampai hilang sebab akan diupload saat mengisi formulir
pendaftaran online
3. Video
berdurasi 3-5 menit diupload pada Gogle drive masing-masing siswa, share link setting public/ "siapa saja yang
memiliki link"
4. Bukti transfer maupun link video dikumpulkan pada formular online:
https://forms.gle/cn3vVac7msVmYPQM7
Formulir Pendaftaran ESC 2021 MGMP BIG Sidoarjo
5. Bukti
pengumpulan formulir terkirim, masuk pada alamat email masing-masing peserta.
6.
Panitia menerima
pendaftaran dan perekaman data.
7.
Penilaian.
R. Penilaian
Penilaian terdiri dari:
1) Penilaian oleh dewan
juri (75%) menggunakan rubrik penilaian performance /
speaking;
2) Penilaian public/
masyarakat (25%) dengan perhitungan like dan subscribe, setelah
video dipublikasi pada channel MGMP Bahasa Inggris Kab Sidoarjo
RUBRIK PENILAIAN LOMBA ESC 2021
(ENGLISH SPEAKING COMPETITION
MGMP BAHASA INGGRIS SIDOARJO 2021)
No. |
Aspek
Penilaian |
Bobot |
Deskripsi |
1 |
|
34-40 |
Keseluruhan isi cerita diceritakan dengan
menarik, keseluruhannya menggunakan ungkapan yang tepat. |
25-33 |
Sebagian besar isi teks diceritakan
dengan menarik, sebagian besar menggunakan ungkapan yang tepat . |
||
17-24 |
Sebagian isi teks diceritakan dengan
menarik, sebagian menggunakan ungkapan yang tepat. |
||
9-16 |
Hanya sebagian kecil isi teks diceritakan
dengan menarik, sedikit menggunakan ungkapan yang tepat |
||
0-8 |
Tidak ada
yang menarik dari isi teks dismpaikan, tidak menggunakan ungkapan yang
tepat |
||
|
|||
2 |
Pronunciaton |
34-40 |
Keseluruhan disampaikan dengan pronunciation
/ pelafalan yang benar dan tepat. |
25-33 |
Sebagian besar disampaikan dengan pronunciation / pelafalan yang benar dan tepat. |
||
17-24 |
Sebagian disampaikan dengan pronunciation / pelafalan yang benar dan tepat. |
||
9-16 |
Sebagian kecil disampaikan
dengan pronunciation / pelafalan yang benar dan tepat. |
||
0-8 |
Tidak ada yang disampaikan dengan pronunciation / pelafalan yang benar dan tepat. |
||
|
|||
3 |
Fluency |
34-40 |
Keseluruhan teks disampaikan secara lancar,jelas, tepat |
25-33 |
Sebagian besar teks
teks disampaikan secara lancar,jelas, tepat |
||
17-24 |
Sebagian teks disampaikan secara lancar,jelas, tepat |
||
9-16 |
Sebagian kecil teks disampaikan secara lancar,jelas, tepat |
||
0-8 |
Teks tidak teks disampaikan secara lancar,jelas, tepat |
||
|
|||
4 |
Accuracy |
34-40 |
Keseluruhan kalimat disampaikan dengan akurat
(tidak ada yang salah dalam grammar/ structure) |
25-33 |
Sebagian besar kalimat ditulis dengan
bervariasi (hanya sedikit yang salah dalam grammar/ structure) |
||
17-24 |
Sebagian kalimat ditulis dengan
bervariasi (ada yang salah dalam grammar/ structure) |
||
9-16 |
Sebagian kecil kalimat ditulis dengan bervariasi
(banyak yang salah dalam grammar/ structure) |
||
0-8 |
Tidak ada kalimat yang ditulis dengan
bervariasi (semuanya dalam grammar/ structure) |
||
|
|||
5 |
Performance |
34-40 |
Keseluruhan teks disampaikan dengan
menarik, keseluruhannya menggunakan mimic wajah, gerak tubuh mencerminkan
nilai dan karakter, gerakan dan alat bantu yang mendukung. |
25-33 |
Sebagian besar teks disampaikan dengan
menarik, sebagian besar menggunakan mimic wajah, gerak tubuh mencerminkan
nilai dan karakter, gerakan dan alat bantu yang mendukung |
||
17-24 |
Sebagian teks disampaikan dengan menarik,
sebagian menggunakan mimic wajah, gerak tubuh mencerminkan nilai dan
karakter, gerakan dan alat bantu yang mendukung |
||
9-16 |
Hanya sebagian kecil teks disampaikan dengan menarik, sedikit
menggunakan mimic wajah, gerak tubuh
mencerminkan nilai dan karakter, gerakan dan alat bantu yang mendukung |
||
0-8 |
Banyak kesalahan penulisan tanda baca |
||
|
Σ (Nilai x Bobot)
Nilai akhir = ____________________ = ...................................
20
No comments:
Post a Comment