Tuesday, February 9, 2021

ENGLISH SPEAKING COMPETITION MGMP BAHASA INGGRIS 2021




HASIL LOMBA ESC 2021 MGMP













 



UNDANGAN LOMBA ESC 2021 MGMP



 

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN TEKNIS

LOMBA KREATIVITAS BERBICARA BAHASA INGGRIS /

ENGLISH SPEAKING COMPETITION (ESC)

MGMP BAHASA INGGRIS 2021


 

 SMP KABUPATEN SIDOARJO

Kantor: SMP NEGERI 1 SIDOARJO

JL. GAJAH MAGERSARI SIDOARJO

PROPINSI JAWA TIMUR

NOMOR TELP : 031 – 8941179/ Fax 013-8946621

 

SILAHKAN DOWNLOAD FILE JUKLAK DI SINI ESC 2021 MGMP BIG 


LOMBA KREATIVITAS BERBICARA BAHASA INGGRIS /

ENGLISH SPEAKING COMPETITION (ESC)

 

A. Latar Belakang

Berbicara dipandang sebagai keterampilan berbahasa yang sangat penting yang harus dikuasai oleh siswa (Hyland, 2007). .Dengan keterampilan berbicara yang baik, seseorang dapat menyebarluaskan pemikiran, pandangan, pendapat, gagasan atau perasannya tentang berbagai hal secara produktif, menarik, dan mudah dipahami. Akan tetapi, keterampilan berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang paling sulit dikuasai karena berbicara adalah proses kognitif yang sangat rumit (Sibarani, 2007). Aktivitas berbicara tidak dapat dilepaskan dari budaya baca-tulis (Barton, Hamilton, & Ivanic, 2000).

Budaya baca-tulis (literasi) merupakan kebalikan dari budaya dengarucap (orasi) (Alwasilah, 2005). Orang yang berpendidikan biasa disebut literat karena mampu melakukan keduanya. Pembelajaran berbicara sebagai salah satu aspek dalam pembelajaran bahasa kurang ditangani dengan sungguh-sungguh. Siswa dan guru biasanya lebih menekankan kegiatan pembelajaran terhadap penguasaan materi yang mengarah pada keberhasilan siswa dalam ulangan tertulis. Padahal, belajar membaca merupakan seperangkat proses yang kompleks dan sulit sehingga memerlukan kerangka metodologi pembelajaran yang jelas pada semua tahapan pembelajaran (Knapp & Watkins, 2005). Salah satu upaya MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan melakukan kegiatan ESC lomba kreativitas berbicara bahasa inggris /English Speaking Competition.

 Kegiatan tersebut berpotensi menanamkan karakter dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, bukan hanya di tingkat lokal dan nasional, tetapi juga regional dan internasional. Hal tersebut adalah wujud nyata dukungan terhadap pelaksanaan pendidikan berbasis kompetensi yang diusung oleh Kurikulum 2013, yang mencakup pengembangan sikap dan karakter, keterampilan berpikir kritis, serta pengetahuan yang diperlukan untuk dapat menghadapi keragaman, perubahan, dan perkembangan yang terus ada dan terjadi dalam kehidupan pribadi, masyarakat, dan profesi pekerjaan. Beberapa teks yang menjadi bagian penting bagi pembangunan karakter generasi penerus adalah cerita rakyat, pengalaman, deskripsi. Indonesia yang terdiri dari beragam suku, budaya serta adat istiadat adalah negara yang kaya akan cerita baik berupa dongeng, mitologi maupun jenis cerita lainnya. Kekayaan ini sudah selayaknya dipertahankan dan dilestarikan supaya generasi penerus tetap mengenal akar budayanya. Sebagai bagian dari masyarakat global yang juga bertanggung jawab terhadap masa depan bumi ini, generasi muda juga perlu memiliki semangat untuk menjadikan cerita asli Indonesia dikenal luas di dunia internasional agar nilai-nilai luhur bangsa ini dapat ditebarkan ke bangsa-bangsa lain. Caranya, antara lain, adalah dengan menyampaikan cerita-cerita asli Indonesia dengan bahasa pengantar yang dikenal luas, dan bahasa Inggris adalah salah satunya.

Dengan kemampuan berbicara bahasa Inggris, generasi muda juga dapat mengasah keterampilan siswa juga meningkatkan keterampilan berpikri kritis dengan membandingkan, mengambil pelajaran dan menggunakannya untuk mengembangkan nilai-nilai yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya.  Melalui kegiatan yang terarah, mengenal dan membaca cerita dari berbagai bangsa akan berpotensi membuka wawasan generasi penerus untuk pengembangan karakter bangsa yang terbuka, selalu ingin tahu, mudah beradaptasi, menghargai perbedaan, tidak merasa paling benar, dan bahkan akan semakin menyadari kekurangan diri dan budayanya. Di sisi lain, kegiatan tersebut juga akan berpotensi menumbuhkan kesadaran akan berbagai kelebihan yang dimiliki bangsa ini, yang akan berdampak pada tumbuhnya rasa bangga, percaya diri, dan semakin terkikisnya rasa rendah diri dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain.

Kegiatan ini tidak hanya berorientasi pada kejuaraan. Esensi kegiatan ini terletak pada nilai pendidikannya, sebagai pengalaman belajar (learning experience), sekaligus sebagai upaya menguatkan pendidikan karakter, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi. Agar pelaksanaan ESC 2021 sebagaimana yang dimaksud dapat terlaksana dengan baik, maka perlu disusun buku petunjuk pelaksanaan yang dapat digunakan sebagai pegangan panitia, siswa, guru, dewan juri dan pihakterkait.

 

B. Dasar Hukum

1. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

3. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

4. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

5. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

6. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

 

C. Tujuan

1. Meningkatkan keterampilan berbicara peserta lomba terutama kreativitas bercerita Bahasa Inggris lisan dan tulis melalui lomba ESC;

2. Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa guna meningkatkan prestasi belajar pada bidang Bahasa Inggris;

3. Mengembangkan kreativitas dan daya pikir kritis siswa SMP se-Sidoarjo dalam menafsirkan isi cerita, mengembangkan cerita, serta menyampaikan cerita secara lisan di depan public

4. Membina dan memacu kreativitas peserta sebagai sarana promosi bakat dan minat peserta;

5. Mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global.

 

D. Sasaran Kegiatan

Siswa SMP/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat se- Kabupaten Sidoarjo.

 

E. Pengertian ESC

Kegiatan ESC (English Speaking Competition) 2021 adalah suatu kegiatan yang bersifat mengasah keterampilan berbicara Bahasa Inggris antar siswa SMP atau yang sederajat dalam lingkup wilayah Sidoarjo yang diadakan oleh MGMP Kabupaten Sidoarjo.

Ada 3 cabang lomba:

1.      Kelas 7 Descriptive text.

2.      Kelas 8 Recount Text

3.      Kelas 9 Narrative text

 

F. Tema Lomba ESC

Pada tahun 2021, ESC bertema: “Boost your creativity in this pandemic”

Sedangkan sub tema masing-masing:

·         Kelas 7 Descriptive text. (My favourite animals, people, or things)

·         Kelas 8 Recount Text (Experience of learning during Covid 19 pandemic)

·         Kelas 9 Narrative text (Indonesian Story and international story. Kedua tema ini optional, bisa dipilih salah satu, diusung untuk memberi ruang sebesar-besarnya kepada peserta didik untuk terus berimajinasi.)

 

G. Cabang Kreativitas Berbahasa Inggris yang Dilombakan

Cabang yang dilombakan tahun 2021 ini terdiri atas 3 (tiga) jenis cabang sebagai berikut :

1.      Kelas 7 Descriptive text.

2.      Kelas 8 Recount Text

3.      Kelas 9 Narrative text

 

H. Hasil yang Diharapkan

1. Terciptanya suasana kompetitif yang sehat antar siswa, antar sekolah, dan antar provinsi di bidang literasi;

2. Mengembangkan penguatan pendidikan karakter di bidang literasi dan sastra melalui kreativitas siswa;

3. Terwujudnya rasa cinta untuk melestarikan nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa;

4. Terwujudnya sikap nasionalisme, kerjasama dan toleransi terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa; dan

5. Terwujudnya rasa bhinneka yang semakin kuat.

6. Terkumpulnya berbagai video yang dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran bagi SMP/ MTs bagi guru dan siswa.

 

I. Penyelenggaraan Lomba

Lomba dilaksanakan secara online, Hari Selasa, tanggal 9 Feb hingga 9 Maret untuk tahap pengumpulan video dan penilaian masyarakat umum.

 

 J. Persyaratan Peserta

Persyaratan peserta adalah siswa SMP/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Siswa kelas VII, VIII, atau IX tahun ajaran 2020/2021 yang masih berstatus sebagai siswa SMP saat mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan;

2. Memiliki NIS (Nomor Induk Siswa)

3. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dengan jumlah peserta minimal 2 (dua) siswa untuk masing-masing cabang lomba tiap level.

4. Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba.

 

K. Ketentuan Lomba

1. Pendaftaran dibuka sejak diumumkan. Semua pendaftaran telah diterima oleh panitia selambat-lambatnya 9 Maret 2021;

2. Peserta lomba diwajibkan mengisi formulir pendaftaran online dan mendapatkan ijin mengikuti lomba oleh kepala sekolah;

3. Video yang dilombakan menjadi hak tayang MGMP Bahasa Inggris dan dapat diunggah oleh panitia lomba untuk menambah khasanah video pembelajaran berbagai macam teks pada sekolah-sekolah Negeri maupun swasta (SMP/ MTSN/ sederajad) se-Kabupaten Sidoarjo dengan mencantumkan nama peserta sebagai sumber data;

4. Video peserta yang terpilih sebagai juara akan menerima penghargaan berupa uang pembinaan, trophy dan sertifikat Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan kabupaten Sidoarjo.

 

L. Kriteria Juri 

1. Memiliki kompetensi di bidang/cabang yang dilombakan.

2. Dapat bertindak adil, profesional dan jujur serta tidak memihak kepada siapa pun.

3. Memiliki pengalaman penjurian di bidang/cabang yang dilombakan.

4. Memahami Juklak dan Juknis Lomba Speaking (ESC) 2021

 

 

M. Prosedur, Teknis Lomba dan Peraturan  

Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 secara umum:

a. Semua peserta mengenakan seragam sekolah masing-masing, kecuali untuk storytelling menyesuaikan cerita

b. tidak ada unsur yang menyinggung pertentangan SARAP (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, dan Politik)

c. Video berdurasi 3 hingga 5 menit

d. Video tanpa intro ataupun outro, langsung pada pembuka/perkenalan diri, konten/ isi, dan penutup dengan menggunakan Bahasa Inggris.

e. Karya yang dibuat merupakan karya orisinil dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun.

f. Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/ informasi dari panitia lomba.

g. Pengumpulan karya diusahakan 1 minggu sebelum batas akhir pengumpulan karya.

h. Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

i. MGMP Bahasa Inggris memiliki hak publikasi untuk dapat bermanfaat bagi pembelajaran di SMP/ MTS

j. Keputusan panitia dan/atau juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Untuk prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 secara khusus dirinci masing-masing jenjang :

1. Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 bagi Kelas 9, teks narrative:

a. Bentuk cerita mencakup cerita rakyat (folklore), mitologi (myth), legenda (legend), dan fabel (fable) dengan “sentuhan baru” secara inovatif baik dalam penafsiran isi pesan, pengembangan alur cerita, ataupun teknik penyajiannya. Sebagai contoh, pendongeng atau story teller mampu mengubah susunan alur cerita, sudut pandang bercerita/gaya penceritaan, menambah detil cerita tanpa “merusak” inti cerita dan kreatifitas lainnya.

 

b. Penggunaan properti dan kostum diperbolehkan, namun hendaknya tidak mengganggu storyteller maupun penonton. Properti dan kostum yang berlebihan atau tidak mendukung tercapainya tujuan bercerita tidak disarankan. Story telling lebih menekankan kekuatan kata (power of words), ketercapaian pesan dan interaksi dengan penonton.

 

c. Cerita yang dipilih harus sesuai dengan tema lomba. Cerita dapat diambil langsung atau saduran dari cerita yang sudah ada, atau dimodifikasi sendiri oleh peserta. Isi cerita memberikan keteladanan dalam menerapkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.

 

d. Setiap peserta menyampaikan satu cerita, 3 sampai 5 menit. Tanpa intro dan outro, langsung pada perkenalan diri, konten, dan penutup.

 

e.  Mengenakan busana yang rapi sopan santun, menyesuaikan cerita, tidak merepotkan peserta maupun pembimbingnya;

g.                  Pengumuman juara 123

h.                  Sertifikat peserta, dan sertifikat guru pembimbing diberikan secara online melalui email/ google drive. (e-certificate)

 

2.Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 bagi Kelas 8, teks Recount:

a. menceritakan pengalaman belajar di rumah “staying at home and practicing English.”

b. pengalaman adalah nyata dialami oleh peserta didik sendiri, bersifat positif membangun ,bukan rekaan/ fiksi, dan dapat menginspirasi peserta didik lain.

c. diceritakan menggunakan bentuk lampau/ past tense

d. Menyampaikan secara kreatif, boleh menggunakan alat bantu/ media yang mendukung secara lisan dengan muka menghadap langsung ke penonton, dengan cara berdiri dan/ atau duduk pada satu titik, dan dilakukan secara komunikatif.

e.  Mengenakan seragam sekolah masing-masing.

 

3.Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 bagi Kelas 7, teks Descriptive:

a. mendeskripsikan benda, binatang atau orang yang disukai oleh peserta didik dengan tema “My favourite things, animals, and people”

b. Hal yang dideskripsikan bersifat positif membangun, dapat menginspirasi peserta didik lain dan dapat dijadikan sumber pembelajaran.

c. Dideskripsikan dengan simple present tense, masa sekarang.

d. Menyampaikan secara kreatif, boleh menggunakan alat bantu/ media yang mendukung secara lisan dengan muka menghadap langsung ke penonton, dengan cara berdiri dan/ atau duduk pada satu titik, dan dilakukan secara komunikatif.

e.  Mengenakan seragam sekolah masing-masing.

 

 

P.       Waktu dan Pelaksanaan

Kompetisi Bahasa Inggris (English Speaking Competition 2021) dilaksanakan pada :

Hari, tanggal                : Selasa, 9 Februari sd 9 Maret 2021

Tempat                        : Online

 

Q.   Pendaftaran:

1.      Peserta lomba mendaftar dengan melakukan transfer Bank Jatim no rekening 0262725529 a.n Yuli Sudarmanto persiswa @ Rp.75.000,-

2.      Bukti transfer jangan sampai hilang sebab akan diupload saat mengisi formulir pendaftaran online

3.      Video berdurasi 3-5 menit diupload pada Gogle drive masing-masing siswa, share link setting public/ "siapa saja yang memiliki link" 

4.      Bukti transfer maupun link video dikumpulkan pada formular online: 

 https://forms.gle/cn3vVac7msVmYPQM7 


Formulir Pendaftaran ESC 2021 MGMP BIG Sidoarjo


5.      Bukti pengumpulan formulir terkirim, masuk pada alamat email masing-masing peserta.

6.      Panitia menerima pendaftaran dan perekaman data.

7.      Penilaian.

 

R. Penilaian

            Penilaian terdiri dari:

1)      Penilaian oleh dewan juri (75%) menggunakan rubrik penilaian performance / speaking;

2)      Penilaian public/ masyarakat (25%) dengan perhitungan like dan subscribe, setelah video dipublikasi pada channel MGMP Bahasa Inggris Kab Sidoarjo

 

  

 

RUBRIK PENILAIAN LOMBA ESC 2021

(ENGLISH SPEAKING COMPETITION MGMP BAHASA INGGRIS SIDOARJO 2021)

No.

Aspek Penilaian

Bobot

Deskripsi

1

 

 

 

 Content

 

34-40

Keseluruhan isi cerita diceritakan dengan menarik, keseluruhannya menggunakan ungkapan yang tepat.

25-33

Sebagian besar isi teks diceritakan dengan menarik, sebagian besar menggunakan ungkapan yang tepat .

17-24

Sebagian isi teks diceritakan dengan menarik, sebagian menggunakan ungkapan yang tepat.

9-16

Hanya sebagian kecil isi teks diceritakan dengan menarik, sedikit menggunakan ungkapan yang tepat

0-8

Tidak ada  yang menarik dari isi teks dismpaikan, tidak menggunakan ungkapan yang tepat

 

2

Pronunciaton

34-40

Keseluruhan disampaikan dengan pronunciation / pelafalan yang benar dan tepat.

25-33

Sebagian besar disampaikan dengan  pronunciation / pelafalan  yang benar dan tepat.

17-24

Sebagian disampaikan dengan  pronunciation / pelafalan  yang benar dan tepat.

9-16

Sebagian kecil   disampaikan dengan  pronunciation / pelafalan  yang benar dan tepat.

0-8

Tidak ada yang  disampaikan dengan  pronunciation / pelafalan  yang benar dan tepat.

 

3

Fluency

34-40

Keseluruhan  teks disampaikan secara lancar,jelas, tepat

25-33

Sebagian besar  teks  teks disampaikan secara lancar,jelas, tepat

17-24

Sebagian  teks disampaikan secara lancar,jelas, tepat

9-16

Sebagian kecil  teks disampaikan secara lancar,jelas, tepat

0-8

Teks tidak  teks disampaikan secara lancar,jelas, tepat

 

4

Accuracy

34-40

Keseluruhan kalimat disampaikan dengan akurat (tidak ada yang salah dalam grammar/ structure)

25-33

Sebagian besar kalimat ditulis dengan bervariasi (hanya sedikit yang salah dalam grammar/ structure)

17-24

Sebagian kalimat ditulis dengan bervariasi (ada yang salah dalam grammar/ structure)

9-16

Sebagian kecil kalimat ditulis dengan bervariasi (banyak yang salah dalam grammar/ structure)

0-8

Tidak ada kalimat yang ditulis dengan bervariasi (semuanya dalam grammar/ structure)

 

5

Performance

34-40

Keseluruhan teks disampaikan dengan menarik, keseluruhannya menggunakan mimic wajah, gerak tubuh mencerminkan nilai dan karakter, gerakan dan alat bantu yang mendukung.

25-33

Sebagian besar teks disampaikan dengan menarik, sebagian besar menggunakan mimic wajah, gerak tubuh mencerminkan nilai dan karakter, gerakan dan alat bantu yang mendukung

17-24

Sebagian teks disampaikan dengan menarik, sebagian menggunakan mimic wajah, gerak tubuh mencerminkan nilai dan karakter, gerakan dan alat bantu yang mendukung

9-16

Hanya sebagian kecil  teks disampaikan dengan menarik, sedikit menggunakan  mimic wajah, gerak tubuh mencerminkan nilai dan karakter, gerakan dan alat bantu yang mendukung

0-8

Banyak kesalahan penulisan tanda baca

 

 

 

Σ (Nilai x Bobot)

Nilai akhir = ____________________ =   ...................................

20

 


  FILE INI DAPAT DI DOWNLOAD DI SINI FILE JUKLAK MGMP ESC 2021

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment