Friday, October 29, 2021

LAPORAN PD MGMP 2020/2021

 

 

 

LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI

 

PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) MELALUI MGMP BAHASA INGGRIS SMP NEGERI / SWASTA

KABUPATEN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021

 

SILAHKAN KLIK DI SINI UNTUK DOWNLOAD FILE LAPORAN PD MGMP 2020/2021 



 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh :

…………………..

 

NIP. …………………………………..

 

 

 

 

 

 

 

SMP NEGERI 2 SIDOARJO

JALAN RAYA PONTI SIDOARJO, JAWA TIMUR

TELP. 0318941132

 


IDENTITAS GURU

 

 

1.     Nama Sekolah

2.     Nama Guru

3.     NIP

4.     NUPTK

5.     Nomor Sertifikat Pendidik

6.     Pangkat/Golongan

7.     Alamat Sekolah

a.     Nama Jalan

b.     Kelurahan

c.     Kecamatan

d.     Kabupaten

e.     Provinsi

f.      Nomor Telepon

g.     Alamat Website

8.     Mengajar Mata Pelajaran

9.     SK Pengangkatan

a.     Sebagai CPNS

b.     Pejabat yang mengangkat

c.     Nomor SK

d.     Tanggal SK

e.     Pangkat Terakhir

f.      Pejabat yang mengangkat

g.     Nomor SK

h.     Tanggal SK

10.  Alamat Rumah

a.     Nama Jalan

b.     Kelurahan

c.     Kecamatan

d.     Kabupaten

e.     Provinsi

f.      Nomor Telp

g.     Alamat email

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

 

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

SMP NEGERI

 

 

 

 

 

 

JL.

 

Sidoarjo

Jawa Timur

(031)

Bahasa Inggris

Guru Bidang studi / Bhs.Inggris

Bupati Sidoarjo

 

 

 

Bupati Sidoarjo

 

 

 

 

 

Sidoarjo

Jawa Timur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ii

 

HALAMAN PENGESAHAN

 

Judul Laporan

:

Laporan Kegiatan Pengembangan Diri

Nama

:

NIP

Pangkat/Golongan

NUPTK

:

:

:

Tempat Tugas

Jabatan

:

:

 

Guru Bidang studi Bhs.Inggris

Pengembangan Diri yang dilaporkan

 

KEGIATAN KOLEKTIF GURU (MGMP BAHASA INGGRIS)

Membenarkan bahwa semua isi dalam Laporan Kegiatan Pengembangan Diri ini adalah sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dan hasil tulisan asli yang bersangkutan.

 

 

 

                                                                                                    Sidoarjo, …………

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

Koordinator PKB,

 

 

 

 

 

 

Penyusun,

 

 

 

 

    

 

 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan pengembangan diri ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga laporan pengembangan diri ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi keguruan.

 

Harapan saya semoga laporan pengembangan diri ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi laporan pengembangan diri ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.

 

Dalam pembuatan Laporan Pengembangan Diri ini, penyusun mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, penyusun ucapkan terimakasih kepada :

 

1.         Kepala Sekolah SMPN …… Sidoarjo yang telah memberi ijin kepada penyusun,

 

2.         Teman – teman sejawat SMPN ….. Sidoarjo yang telah memberikan dorongan semangat kepada penyusun, dan

 

3.         Murid-murid yang telah memberi inspirasi dan motivasi kepada penyususn.

 

Laporan pengembangan diri ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan laporan pengembangan diri ini.

 

 

 

 

Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

iv


DAFTAR ISI

 

 

 

 

 

LEMBAR SAMPUL ..……………………………………………....................................................................................................... ……………………....................................................................................................................................... i

 

LEMBAR IDENTITAS ....….…………………………………................................................................................................... ………………………................................................................................................................................... ii

 

LEMBAR PENGESAHAN.......................................................................................................... iii

 

KATA PENGANTAR ..………………………………………............................................................................................... …………………………............................................................................................................................... iv

 

DAFTAR ISI.... …………………………………………….......................... ………..…………………........................................................ v

 

A.  PENDAHULUAN

 

1.  Latar Belakang       ………………………………                                       …………………...….......................................... 1

 

2.  Tujuan    ……...……………………………………                     …………………………......................................................... 2

 

B.   KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

 

1.      Waktu dan Lama Pelaksanaan....................................................................................................... 3

 

2.      Nama Kegiatan....... ……………………………          ………………………..…................................................................ 3

 

3.      Tujuan Kegiatan ……..................... ………          ……………………………............... 3

 

4.      Ringkasan Materi................................................................................................................... 4

 

5.      Tindak lanjut …………          ………………………….................................................................... 7

 

6.      Dampak Pengembangan Diri.......... …………          ……………………………................. 9

 

C.  PENUTUP................................................................................................................. 10

MATRIK KEGIATAN……………………………………………………………………………………………11

 

LAMPIRAN  ……….......................................................................................... …………………….………...................................................................................................... 13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

v


A.        PENDAHULUAN

 

1.   Latar Belakang

 

Penilaian Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakankendaraan utama dalam upaya membawa perubahan yang diinginkan berkaitan dengan keberhasilan siswa. Dengan demikian semua siswa diharapkan dapat mempunyai pengetahuan lebih, mempunyai keterampilan yang lebih baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang materi ajar serta mampu memperlihatkan apa yang mereka ketahui dan mampu melakukannya dengan baik dalam kehidupan mereka sehari-hari, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat dan di Dunia Usaha/Industri.

 

PKB mencakup berbagai cara dan/atau pendekatan dimana guru secara berkesinambungan belajar setelah memperoleh pendidikan dan/atau pelatihan awal sebagai guru. PKB mendorong guru untuk memelihara dan meningkatkan standar mereka secara keseluruhan mencakup bidang-bidang berkaitan dengan pekerjaannya sebagai profesi. Dengan demikian, guru dapat memelihara, meningkatkan dan memperluas pengetahuan dan keterampilannya serta membangun kualitas pribadi yang dibutuhkan di dalam kehidupan profesionalnya.

 

Pelaksanaan Pengembangan Diri (PD) merupakan salah satu dari komponen PKB yang harus dilaksanakan oleh guru selain pelaksanaan Publikasi Ilmiah (PI) dan Karya Inovatif (KI).

 

Kegiatan pengembangan diri terdiri dari dua jenis, yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Diklat fungsional adalah kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau latihan yang bertujuan untuk mencapai standar kompetensi profesi yang ditetapkan dan/atau meningkatkan keprofesian untuk memiliki kompetensi di atas standar kompetensi profesi dalam kurun waktu tertentu. Jadi ada batasan waktu, di mana diharapkan guru mampu melaksanakannya minimal sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

 

Kegiatan kolektif guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatan pertemuan ilmiah atau kegiatan bersama yang bertujuan untuk mencapai standar atau di atas standar kompetensi profesi yang telah ditetapkan. Kegiatan kolektif guru mencakup:

 

a.     kegiatan lokakarya atau kegiatan kelompok guru untuk penyusunan kelompok kurikulum dan/atau pembelajaran.

 

b.     pembahas atau peserta pada seminar, kologium, diskusi panel atau bentuk pertemuan

 

ilmiah yang lain.

 

1


c.  kegiatan kolektif lain yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru.

 

Kegiatan pengembangan diri yang mencakup diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru tersebut harus mengutamakan kebutuhan guru untuk pencapaian standar dan/atau peningkatan kompetensi profesi khususnya berkaitan dengan melaksanakan layanan pembelajaran. Kebutuhan guru untuk mencapai atau meningkatkan kompetensinya dapat mencakup:

 

a.     kompetensi menyelidiki dan memahami konteks di tempat guru mengajar

 

b.     penguasaan materi dan kurikulum

 

c.     penguasaan metode mengajar

 

d.     kompetensi melakukan evaluasi peserta didik dan pembelajaran

 

e.     penguasaan teknologi informatika dan komputer (TIK)

 

f.      kompetensi menghadapi inovasi dalam sistem pendidikan di Indonesia

 

g.     kompetensi menghadapi tuntutan teori terkini

 

h.     kompetensi lain yang terkait dengan pelaksanaan tugas-tugas tambahan atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

 

 

2.         Tujuan Umum

 

Kegiatan pengembangan diri ini dimaksudkan agar guru mampu mencapai dan/atau meningkatkan kompetensi profesi guru yang mencakup: kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2


B.        KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

 

1.         Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggaraan Kegiatan

 

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2020 sampai dengan 23 Maret 2021, bertempat di SMPN 1 Sidoarjo sebagai sekolah inti atau tempat sekretariat MGMP berada. Lokasi Jalan Gajah Magersari Sidoarjo, 031 – 8941179/ Fax 013-8946621

 

Penyelenggaraan Kegiatan dilaksanakan pada setiap hari Selasa dan pada hari lain yang ditentukan sesuai dengan kesepakatan peserta. Kegiatan dilaksanakan selama tiga belas (13) kali pertemuan yang dimulai pada pertemuan pertama tanggal 29 Juli 2020 hingga 27 April 2021. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan selama 32 jam (1 jam equivalent 60 menit) sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Pedoman Teknis Pelaksanaan Kegiatan.

 

 

2.         Nama Kegiatan

 

               Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)  Melalui MGMP Bahasa Inggris SMP Negeri / swasta kabupaten sidoarjo tahun pelajaran 2020/ 2021

 

3.         Tujuan

 

                

Tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo ini adalah sebagai berikut :

a.       Meningkatkan kompetensi guru-guru Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo dalam hal pengembangan Silabus, RPP, Bahan Ajar

b.       Meningkatkan kompetensi guru–guru Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo dalam hal Pengembangan Karya Ilmiah Guru (PTK/ Tinjauan Ilmiah/Buku/Modul/Diktat/Kajian Buku/ karya terjemahan/karya seni/karya teknologi).

c.       Meningkatkan kompetensi guru-guru Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo dalam hal Paket Pembuatan/Pengembangan Alat Peraga.

d.       Meningkatkan kompetensi guru-guru Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo dalam hal Pengembangan Instrumen Penilaian

 

 

 

 

3

 

 

3.         Ringkasan Materi

 

Materi yang disampaikan pada Kegiatan ini adalah :

a.       Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo

b.      Sosialisasi AKM, Literasi, dan PPK

c.       Pengembangan Silabus, RPP, dan Bahan Ajar

·       Pengembangan silabus.

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat identitas pelajaran, identitas sekolah, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Silabus disusun untuk satu tahun pelajaran. Penyusunan silabus tersebut dapat dibut untuk tiap semester Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik. Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator sebagai acuan penilaian.

 

·       Pengembangan RPP.

Pembelajaran Kontekstual/Pembelajaran Aktif yang menerapkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Oleh karena itu, berbagai pihak perlu berupaya untuk memungkinkan pembelajaran kontekstual/ pembelajaran aktif yang memerapkan keterampilan berpikir tingkat tinggi secara efektif, efisien, dan terus menerus dapat dilaksanakan sehingga dapat menciptakan generasi emas bangsa yang berpikir kritis (criticial thinking), kreatif dan inovasi (creative and innovative), kemampuan berkomunikasi (communication skill), dan kemampuan bekerja sama (collaboration).

 

·       Pengembangan Bahan Ajar

Bahan ajar perlu dikembangkan oleh guru guna menunjang pencapaian kompetensi siswa. Pemilihan bahan ajar yang efektif harus sesuai tuntutan IPK sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara maksimal. Bahan ajar dapat dikembangkan bersama-sama dalam MGMP.

 

 

 

 

4

d.  Pembuatan/Pengembangan Alat Pelajaran

Alat pelajaran adalah suatu benda asli dan benda tiruan yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang menjadi dasar bagi tumbuhnya konsep berpikir abstrak bagi peserta didik. 

·       Explee adalah media pembelajaran mikro video berbasis animasi yang menyajikan presentasi dengan ilustrasi gambar pada pada latar putih.  Pada pelatihan ini, peserta akan dijelaskan pengertian Whiteboard Animation, dipandu dalam penyusunan skenario media pembelajaran animasi, merekam narasi pembelajaran menggunakan online voice recorder, pengenalan fitur aplikasi Explee yang akan digunakan dalam pembuatan Whiteboard Animation, serta dipandu dalam membuat video animasi sesuai dengan storyline yang dibuat.

·       See saw adalah platform pembelajaran terbaik untuk keterlibatan siswa yang bermakna. Siswa menunjukkan pembelajaran. Siswa menggunakan alat multimodal bawaan untuk menangkap apa yang mereka ketahui dalam portofolio digital Seesaw. Guru mendapatkan wawasan. Guru melihat semua tahap pemikiran dan kemajuan siswa — memungkinkan mereka untuk mengajar dengan lebih baik. Keluarga terhubung. Keluarga mendapatkan jendela ke dalam pembelajaran siswa mereka dan terlibat dalam home-to-school

·       Edpuzzle merupakan sebuah aplikasi dan media pembelajaran berbasis video yang dapat digunakan oleh semua guru untuk membuat pelajaran semenarik mungkin, video bisa diambil melalui Youtube, Khan Academy dan Crash Course kemudian video dimasukan ke dalam aplikasi edpuzzle dan guru bisa memberikan pertanyaan 

 

e.  Pengembangan Karya Ilmiah Guru.

Buku 4: 1.Presentasi di forum ilmiah 2. Hasil penelitian 3. Tinjauan ilmiah 4. Tulisan ilmiah populer 5. Artikel ilmiah 6. Buku pelajaran 7. Modul/diktat 8. Buku dalam bidang pendidikan 9. Karya terjemahan 10.buku pedoman guru

Permasalahan tidak lulus PAK:

Pendidikan tidak ada surat tugas belajar dan pengaktifan kembali • tidak ada/lengkap untuk laporan pk guru • tidak ada laporan untuk pengembangan diri • tidak ada piki yang memenuhi syarat • piki dinyatakan plagiat • tidak ada jurnal, atau tidak ada jurnal yang berissn • tidak ada buku yang ber-isbn

PI yang kurang sesuai bukan yang dinilai (lks, kumpulan soal, tidak jelas) tidak sesuai pedoman pi (terlalu umum, tidak perlu, tidak ada pengesahan, tidak jelas dll). Tanpa lampiran (bukti-bukti, dokumen)

Catatan:

• makalah yg sama dapat dinilai jika di presentasikan di tempat berbeda, bukti fisik masing2 berbeda, peserta berbeda, waktu berbeda, asalkan asli, tidak terdeteksi palsu • sebaliknya, makalah berbeda dapat dinilai jika disampaikan dalam forum/peserta yag sama tetapi waktu berbeda bukti fisik berbeda, tidak terdeteksi palsu

 

 

 

5

 

 

 

Catatan untuk  PTK (revisi terbaru)

• Seminar dilaksanakan di sekolah/madrasah/kkg/mgmp wilayah/ atau tempat lain sesuai dengan yang dipersyaratkan, yaitu dihadiri minimal 15 orang guru dari 3 sekolah setingkat. Syarat tsb tidak berlaku untuk sekolah di daerah terpencil/khusus/siln. Bukti kegiatan seminar ini berlaku utk ak pengembangan diri bagi peserta yg hadir, tetapi bagi penyaji ketentuan ini tidak berlaku sbg ak presentasi forum ilmiah.

• Berita acara berisi keterangan waktu, tempat, peserta, notulen seminar, dan dilengkapi dgn daftar hadir peserta dan ditandatangani oleh ketua panitia seminar dan kepala sekolah/ madrasah yg ditempati seminar atau ketua kkg/mgmp wilayah.

• Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan minimal 2 (dua) siklus, satu siklus minimal dua kali pertemuan.

Urutan pelaporan PKG:

 1. Laporan dan evaluasi pk guru kelas/matapelajaran dgn kolom persetujuan antara penilai dan guru yg dinilai (cover / lembar 1 lampiran 1b)

2. Format penghitungan angka kredit hasil pk guru kelas/matapelajaran (nilai pk guru, nilai pk guru skala 100, konversi ke dlm skala nilai dan sebutannya, serta perolehan angka kredit utk satu tahun) (lampiran 1d)

3. Rekap hasil pk guru kelas/matapelajaran, yg ditandatangani oleh guru yg dinilai, penilai, dan kepala sekolah (lampiran 1c)

4. Format hasil nilai per kompetensi yg memuat skor per indikator dlm satu kompetensi, utk semua kompetensi (misal utk guru kelas/matapel adalah 14 kompetensi (lembar  ke tiga lampiran 1b)

5. Format hasil sebelum pengamatan, selama pengamatan, dan setelah pengamatan (lembar ke dua lampiran 1b) versi lengkap/utuh tulis tangan (lebih baik) lengkap

6. Catatan fakta pemantauan tulis tangan (lebih baik) lengkap, jurnal monitoring

7. Lampiran mp01 (contoh 1 hasil pengisian  kuesioner guru teman sejawat)

8. Lampiran mp02 (contoh 1 hasil pengisian  kuesioner peserta didik)

 

f.    Pengembangan Model-Model Pembelajaran dan Jurnal Belajar

Implementasi Kurikulum 2013 menurut Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses menggunakan 3 (tiga) model pembelajaran yang diharapkan dapat membentuk perilaku saintifik, sosial serta mengembangkan rasa keingintahuan. Ketiga model tersebut adalah (1) model Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning), (2) model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning/PBL), (3) model Pembelajaran Berbasis Projek (Project- based Learning/PJBL). Selain 3 model yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, guru juga diperbolehkan mengembangkan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran yang lain, seperti Cooperative Learning yang mempunyai berbagai metode seperti: Jigsaw, Numbered Head Together (NHT), Make a Match, Think-Pair-Share (TPS), Example not Example, Picture and Picture, dan lainnya. 

 

 

 

6

 

             

4.Tindak Lanjut

 

Setelah kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)  Melalui MGMP Bahasa Inggris SMP Negeri / swasta kabupaten sidoarjo tahun pelajaran 2020/ 2021, guru mendiseminasikan hasil dari musyawarah dan dapat mengembangkan serta meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun pengembangan Silabus, RPP, Bahan Ajar, karya tulis, Alat Peraga dan Pengembangan Instrumen Penilaian

 

 

 

6.         Dampak Pengembangan diri.

 

Dengan diadakannya kegiatan:

 

·     Pengalaman dalam sharing pembelajaran,

·     Tersusunnya pengembangan Silabus, RPP, Bahan Ajar, karya tulis, Alat Peraga dan Pengembangan Instrumen Penilaian

·     Sertifikat dari Dinas Pendidikan Kab Sidoarjo 32 JP ber- QR Code BKD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

C.   PENUTUP

 

Pada bagian akhir laporan ini kami menarik beberapa kesimpulan dan memberikan beberapa saran baik bagi diri kami sendiri maupun untuk guru lain. Adapun kesimpulan dan saran yang dapat kami berikan adalah sebagai berikut:

 

1.    Guru hendaknya selalu melakukan pengembangan diri baik dengan mengikuti diklat fungsional maupun kegiatan kolektif guru untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sebagai guru.

 

2.    Keterbatasan waktu dan tenaga tidak boleh menghalangi guru untuk melakukan pengembangan diri karena sudah banyak diklat yang disediakan untuk guru.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8


3.Bagian Akhir : Matrik Ringkasan

Lampiran, berupa matrik ringkasan pelaksanaan diklat:

 

 

Nama Diklat

Tempat Pelatihan

Jumlah Jam Pelatihan

Nama-Nama Fasilitator

Mata Diklat/ Kompetensi

Nama Penyelenggara Pelatihan

Dampak*)

MGMP

SMP N 1 Sidoarjo

4 JP

Slamet Riyadin, S.STP, M.HP

 

Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo

Sosialisasi AKM, Program Literasi, dan PPK

MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo

Bagi Guru:

Meningkatkan penegtahuan dan keterampilan guru dalam literasi dan PPK

Bagi Siswa:

Siswa akan menerima pembelajaran yang bermutu sesuai dari pelatihan yang telah dilaksanakan oleh guru

MGMP

SMP N 1 Sidoarjo

6 JP

1.   Didik Winarko, M.Pd

2.   Aris Setiawan, M.Pd

4. Yuli S, M.Pd

 

Pengembangan Silabus, RPP, dan Bahan Ajar

 

MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo

Bagi Guru:

Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun silabus, RPP, bahan ajar

Bagi Siswa:

Siswa akan menerima pembelajaran yang bermutu sesuai dari pelatihan yang telah dilaksanakan oleh guru

MGMP

SMP N 1 Sidoarjo

8 JP

Adri Pranoto, M.Pd

Wulan Ari Handayani, S.Pd, M.Pd

 

Amaliah, S.S

Pembuatan/Pengembangan Alat Peraga

 

MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo

Bagi Guru:

Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam membuat alat peraga

Bagi Siswa:

Siswa akan menerima pembelajaran yang bermutu sesuai dari pelatihan yang telah dilaksanakan oleh guru

MGMP

SMP N 1 Sidoarjo

8      JP

Aris Setiawan, M.Pd

 

Pengembangan Karya Ilmiah Guru.

 

MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo

Bagi Guru:

Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam membuat karya ilmiah guru

Bagi Siswa:

Siswa akan menerima pembelajaran yang bermutu sesuai dari pelatihan yang telah dilaksanakan oleh guru

MGMP

SMP N 1 Sidoarjo

8 JP

Yuli Sudarmanto, M.Pd

Imam Maliki, M.Pd

 

Pengembangan Model-Model Pembelajaran dan Jurnal Belajar

 

MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo

Bagi Guru:

Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan model pembelajaran dan jurnal belajar

Bagi Siswa:

Siswa akan menerima pembelajaran yang bermutu sesuai dari pelatihan yang telah dilaksanakan oleh guru

 

 

 

 

 

 

 

                             


 

STRUKTUR KEGIATAN PENINGKATAN KEPROFESIONALAN GURU

MELALUI KEGIATAN KOLEKTIF GURU MGMP BAHASA INGGRIS SMP NEGERI / SWASTA

KABUPATEN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021

 

 

NO

MATA KEGIATAN

 

JUMLAH JAM

 

1

2

3

4

5

6

 

Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo

Sosialisasi AKM, Literasi, dan PPK

Pengembangan Silabus, RPP, dan Bahan Ajar

Pembuatan/Pengembangan Alat Peraga

Pengembangan Karya Ilmiah Guru.

Pengembangan Model-Model Pembelajaran dan Jurnal Belajar

 

 

2

2

6

8

8

8

 

JUMLAH

34

 

 

Lampiran – Lampiran

  1. Foto Copy Undangan
  2.  Surat Tugas
  3.  Foto Copy Sertifikat
  4. Foto kegiatan

 

Foto Kegiatan.

LAMPIRAN FOTO-FOTO KEGIATAN MGMP BAHASA INGGRIS

 

 

 

  

STRUKTUR KEGIATAN PENINGKATAN KEPROFESIONALAN GURU

MELALUI KEGIATAN KOLEKTIF GURU MGMP BAHASA INGGRIS SMP NEGERI / SWASTA

KABUPATEN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021

 

 

NO

MATA KEGIATAN

 

JUMLAH JAM

 

1

 

2

3

4

5

6

 

Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo

Sosialisasi AKM, Literasi, dan PPK

Pengembangan Silabus, RPP, dan Bahan Ajar

Pembuatan/Pengembangan Alat Peraga

Pengembangan Karya Ilmiah Guru.

Pengembangan Model-Model Pembelajaran dan Jurnal Belajar

 

 

2

 

2

6

8

8

8

 

JUMLAH

34

 


LAMPIRAN FOTO-FOTO KEGIATAN MGMP BAHASA INGGRIS

  

No comments:

Post a Comment