LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
PENGEMBANGAN
KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) MELALUI MGMP BAHASA
INGGRIS SMP NEGERI / SWASTA
KABUPATEN
SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021
SILAHKAN KLIK DI SINI UNTUK DOWNLOAD FILE LAPORAN PD MGMP 2020/2021
Oleh
:
…………………..
NIP. …………………………………..
SMP NEGERI 2 SIDOARJO
JALAN RAYA PONTI SIDOARJO, JAWA
TIMUR
TELP. 0318941132
1.
Nama Sekolah 2.
Nama Guru 3.
NIP 4.
NUPTK 5.
Nomor Sertifikat Pendidik 6.
Pangkat/Golongan 7.
Alamat Sekolah a.
Nama Jalan b.
Kelurahan c.
Kecamatan d.
Kabupaten e.
Provinsi f.
Nomor Telepon g.
Alamat Website 8.
Mengajar Mata Pelajaran 9.
SK Pengangkatan a.
Sebagai CPNS b.
Pejabat yang mengangkat c.
Nomor SK d.
Tanggal SK e.
Pangkat Terakhir f.
Pejabat yang mengangkat g.
Nomor SK h.
Tanggal SK 10. Alamat Rumah a.
Nama Jalan b.
Kelurahan c.
Kecamatan d.
Kabupaten e.
Provinsi f.
Nomor Telp g.
Alamat email |
: : : : : : : : : : : :
: : : : : : : : : : : : : : : : : : : |
SMP NEGERI
JL.
Sidoarjo Jawa Timur (031) Bahasa Inggris Guru Bidang studi / Bhs.Inggris Bupati Sidoarjo
Bupati Sidoarjo
Sidoarjo Jawa Timur
|
ii
HALAMAN PENGESAHAN
Judul Laporan |
: |
Laporan Kegiatan Pengembangan Diri |
Nama |
: |
|
NIP Pangkat/Golongan NUPTK |
: : : |
|
Tempat Tugas Jabatan |
: : |
Guru Bidang studi Bhs.Inggris |
Pengembangan Diri yang dilaporkan
KEGIATAN
KOLEKTIF GURU (MGMP BAHASA INGGRIS)
Membenarkan bahwa semua isi dalam Laporan Kegiatan Pengembangan
Diri ini adalah sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dan hasil tulisan asli
yang bersangkutan.
Sidoarjo, …………
Mengetahui, Kepala Sekolah,
|
Koordinator PKB,
|
Penyusun,
|
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala
limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat
menyelesaikan penyusunan laporan pengembangan diri ini dalam bentuk maupun
isinya yang sangat sederhana. Semoga laporan pengembangan diri ini dapat
dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca
dalam administrasi pendidikan dalam profesi keguruan.
Harapan saya semoga laporan pengembangan diri ini membantu
menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat
memperbaiki bentuk maupun isi laporan pengembangan diri ini sehingga kedepannya
dapat lebih baik.
Dalam pembuatan Laporan Pengembangan Diri ini, penyusun
mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, penyusun ucapkan terimakasih
kepada :
1.
Kepala
Sekolah SMPN …… Sidoarjo yang telah memberi ijin kepada penyusun,
2.
Teman – teman sejawat SMPN ….. Sidoarjo yang telah memberikan
dorongan semangat kepada penyusun, dan
3.
Murid-murid
yang telah memberi inspirasi dan motivasi kepada penyususn.
Laporan pengembangan diri ini saya akui masih banyak kekurangan
karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan
kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun
untuk kesempurnaan laporan pengembangan diri ini.
Penyusun
iv
LEMBAR
SAMPUL ..……………………………………………....................................................................................................... ……………………....................................................................................................................................... i
LEMBAR
IDENTITAS ....….…………………………………................................................................................................... ………………………................................................................................................................................... ii
LEMBAR
PENGESAHAN.......................................................................................................... iii
KATA
PENGANTAR ..………………………………………............................................................................................... …………………………............................................................................................................................... iv
DAFTAR ISI.... …………………………………………….......................... ………..…………………........................................................ v
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang ……………………………… …………………...….......................................... 1
2. Tujuan ……...…………………………………… …………………………......................................................... 2
B. KEGIATAN
PENGEMBANGAN DIRI
1. Waktu dan Lama Pelaksanaan....................................................................................................... 3
2. Nama Kegiatan....... …………………………… ………………………..…................................................................ 3
3. Tujuan Kegiatan ……..................... ……… ……………………………............... 3
4. Ringkasan Materi................................................................................................................... 4
5. Tindak lanjut ………… ………………………….................................................................... 7
6. Dampak Pengembangan Diri.......... ………… ……………………………................. 9
C. PENUTUP................................................................................................................. 10
MATRIK KEGIATAN……………………………………………………………………………………………11
LAMPIRAN ……….......................................................................................... …………………….………...................................................................................................... 13
v
1.
Latar Belakang
Penilaian Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah bentuk
pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakankendaraan utama dalam upaya
membawa perubahan yang diinginkan berkaitan dengan keberhasilan siswa. Dengan
demikian semua siswa diharapkan dapat mempunyai pengetahuan lebih, mempunyai
keterampilan yang lebih baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang
materi ajar serta mampu memperlihatkan apa yang mereka ketahui dan mampu
melakukannya dengan baik dalam kehidupan mereka sehari-hari, baik di rumah, di
sekolah, maupun di lingkungan masyarakat dan di Dunia Usaha/Industri.
PKB mencakup berbagai cara dan/atau pendekatan dimana guru
secara berkesinambungan belajar setelah memperoleh pendidikan dan/atau
pelatihan awal sebagai guru. PKB mendorong guru untuk memelihara dan
meningkatkan standar mereka secara keseluruhan mencakup bidang-bidang berkaitan
dengan pekerjaannya sebagai profesi. Dengan demikian, guru dapat memelihara,
meningkatkan dan memperluas pengetahuan dan keterampilannya serta membangun
kualitas pribadi yang dibutuhkan di dalam kehidupan profesionalnya.
Pelaksanaan Pengembangan Diri (PD) merupakan salah satu dari
komponen PKB yang harus dilaksanakan oleh guru selain pelaksanaan Publikasi
Ilmiah (PI) dan Karya Inovatif (KI).
Kegiatan pengembangan diri terdiri dari dua jenis, yaitu diklat
fungsional dan kegiatan kolektif guru. Diklat fungsional adalah kegiatan guru
dalam mengikuti pendidikan atau latihan yang bertujuan untuk mencapai standar
kompetensi profesi yang ditetapkan dan/atau meningkatkan keprofesian untuk
memiliki kompetensi di atas standar kompetensi profesi dalam kurun waktu tertentu.
Jadi ada batasan waktu, di mana diharapkan guru mampu melaksanakannya minimal
sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Negara
Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009
tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Kegiatan kolektif guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti
kegiatan pertemuan ilmiah atau kegiatan bersama yang bertujuan untuk mencapai
standar atau di atas standar kompetensi profesi yang telah ditetapkan. Kegiatan
kolektif guru mencakup:
a.
kegiatan lokakarya atau kegiatan kelompok guru untuk penyusunan
kelompok kurikulum dan/atau pembelajaran.
b.
pembahas
atau peserta pada seminar, kologium, diskusi panel atau bentuk pertemuan
ilmiah yang lain.
1
c. kegiatan kolektif lain yang sesuai dengan
tugas dan kewajiban guru.
Kegiatan pengembangan diri yang mencakup diklat fungsional dan
kegiatan kolektif guru tersebut harus mengutamakan kebutuhan guru untuk
pencapaian standar dan/atau peningkatan kompetensi profesi khususnya berkaitan
dengan melaksanakan layanan pembelajaran. Kebutuhan guru untuk mencapai atau
meningkatkan kompetensinya dapat mencakup:
a.
kompetensi
menyelidiki dan memahami konteks di tempat guru mengajar
b.
penguasaan
materi dan kurikulum
c.
penguasaan
metode mengajar
d.
kompetensi
melakukan evaluasi peserta didik dan pembelajaran
e.
penguasaan
teknologi informatika dan komputer (TIK)
f.
kompetensi
menghadapi inovasi dalam sistem pendidikan di Indonesia
g.
kompetensi
menghadapi tuntutan teori terkini
h.
kompetensi lain yang terkait dengan pelaksanaan tugas-tugas
tambahan atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
2.
Tujuan Umum
Kegiatan pengembangan diri ini dimaksudkan agar guru mampu
mencapai dan/atau meningkatkan kompetensi profesi guru yang mencakup:
kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional sebagaimana yang
diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
2
1.
Waktu
Pelaksanaan dan Penyelenggaraan Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 29
Juli 2020 sampai dengan 23 Maret 2021, bertempat di SMPN 1 Sidoarjo sebagai sekolah inti
atau tempat sekretariat MGMP berada. Lokasi Jalan Gajah Magersari Sidoarjo, 031
– 8941179/ Fax 013-8946621
Penyelenggaraan Kegiatan dilaksanakan pada
setiap hari Selasa dan pada hari lain yang ditentukan sesuai dengan kesepakatan
peserta. Kegiatan dilaksanakan selama tiga belas (13) kali pertemuan yang
dimulai pada pertemuan pertama tanggal 29 Juli 2020 hingga 27 April 2021.
Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan selama 32 jam (1 jam equivalent 60 menit) sesuai dengan yang
telah ditetapkan dalam Pedoman Teknis Pelaksanaan Kegiatan.
2.
Nama
Kegiatan
Kegiatan
dilaksanakan dalam bentuk pengembangan
keprofesian berkelanjutan (PKB) Melalui MGMP Bahasa Inggris SMP Negeri /
swasta kabupaten sidoarjo tahun pelajaran 2020/ 2021
3.
Tujuan
Tujuan
yang akan dicapai dalam kegiatan MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo ini
adalah sebagai berikut :
a.
Meningkatkan kompetensi guru-guru
Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo dalam hal pengembangan Silabus, RPP, Bahan Ajar
b.
Meningkatkan kompetensi guru–guru
Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo dalam hal Pengembangan Karya Ilmiah Guru (PTK/ Tinjauan
Ilmiah/Buku/Modul/Diktat/Kajian Buku/ karya terjemahan/karya seni/karya
teknologi).
c.
Meningkatkan kompetensi guru-guru
Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo dalam hal Paket Pembuatan/Pengembangan Alat Peraga.
d.
Meningkatkan kompetensi guru-guru
Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo dalam hal Pengembangan Instrumen Penilaian
3
3.
Ringkasan
Materi
Materi yang disampaikan pada Kegiatan
ini adalah :
a.
Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo
b. Sosialisasi AKM,
Literasi, dan PPK
c. Pengembangan Silabus, RPP, dan Bahan Ajar
· Pengembangan
silabus.
Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka
pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit
memuat identitas pelajaran, identitas sekolah, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok,
pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Silabus disusun
untuk satu tahun pelajaran. Penyusunan silabus tersebut dapat dibut untuk tiap
semester Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD
sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik. Untuk
mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator
sebagai acuan penilaian.
· Pengembangan
RPP.
Pembelajaran
Kontekstual/Pembelajaran Aktif yang menerapkan keterampilan berpikir tingkat
tinggi (HOTS) memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan kreativitas
peserta didik. Oleh karena itu, berbagai pihak perlu berupaya untuk
memungkinkan pembelajaran kontekstual/ pembelajaran aktif yang memerapkan
keterampilan berpikir tingkat tinggi secara efektif, efisien, dan terus menerus
dapat dilaksanakan sehingga dapat menciptakan generasi emas bangsa yang berpikir kritis (criticial thinking), kreatif
dan inovasi (creative and innovative), kemampuan berkomunikasi (communication
skill), dan kemampuan bekerja sama (collaboration).
· Pengembangan Bahan Ajar
Bahan ajar perlu dikembangkan oleh guru guna
menunjang pencapaian kompetensi siswa. Pemilihan bahan ajar yang efektif harus
sesuai tuntutan IPK sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara
maksimal. Bahan ajar dapat dikembangkan bersama-sama dalam MGMP.
4
d. Pembuatan/Pengembangan Alat Pelajaran
Alat pelajaran adalah suatu benda asli dan benda tiruan
yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang menjadi dasar bagi tumbuhnya
konsep berpikir abstrak bagi peserta didik.
·
Explee adalah media pembelajaran mikro video
berbasis animasi yang menyajikan presentasi dengan ilustrasi gambar pada pada
latar putih. Pada pelatihan ini, peserta
akan dijelaskan pengertian Whiteboard Animation, dipandu dalam penyusunan
skenario media pembelajaran animasi, merekam narasi pembelajaran menggunakan
online voice recorder, pengenalan fitur aplikasi Explee yang akan digunakan
dalam pembuatan Whiteboard Animation, serta dipandu dalam membuat video animasi
sesuai dengan storyline yang dibuat.
·
See saw adalah platform pembelajaran terbaik untuk keterlibatan
siswa yang bermakna. Siswa menunjukkan pembelajaran. Siswa menggunakan alat
multimodal bawaan untuk menangkap apa yang mereka ketahui dalam portofolio
digital Seesaw. Guru mendapatkan wawasan. Guru melihat semua tahap pemikiran
dan kemajuan siswa — memungkinkan mereka untuk mengajar dengan lebih baik.
Keluarga terhubung. Keluarga mendapatkan jendela ke dalam pembelajaran siswa
mereka dan terlibat dalam home-to-school
·
Edpuzzle merupakan sebuah aplikasi dan media
pembelajaran berbasis video yang dapat digunakan oleh semua guru untuk membuat
pelajaran semenarik mungkin, video bisa diambil melalui Youtube, Khan Academy
dan Crash Course kemudian video dimasukan ke dalam aplikasi edpuzzle dan
guru bisa memberikan pertanyaan
e. Pengembangan Karya Ilmiah Guru.
Buku 4: 1.Presentasi di forum ilmiah 2. Hasil
penelitian 3. Tinjauan ilmiah 4. Tulisan ilmiah populer 5. Artikel ilmiah 6.
Buku pelajaran 7. Modul/diktat 8. Buku dalam bidang pendidikan 9. Karya
terjemahan 10.buku pedoman guru
Permasalahan tidak lulus PAK:
Pendidikan
tidak ada surat tugas belajar dan pengaktifan kembali • tidak ada/lengkap untuk
laporan pk guru • tidak ada laporan untuk pengembangan diri • tidak ada piki
yang memenuhi syarat • piki dinyatakan plagiat • tidak ada jurnal, atau tidak
ada jurnal yang berissn • tidak ada buku yang ber-isbn
PI
yang kurang sesuai bukan yang dinilai (lks, kumpulan soal, tidak jelas) tidak
sesuai pedoman pi (terlalu umum, tidak perlu, tidak ada pengesahan, tidak jelas
dll). Tanpa lampiran (bukti-bukti, dokumen)
Catatan:
•
makalah yg sama dapat dinilai jika di presentasikan di tempat berbeda, bukti
fisik masing2 berbeda, peserta berbeda, waktu berbeda, asalkan asli, tidak
terdeteksi palsu • sebaliknya, makalah berbeda dapat dinilai jika disampaikan
dalam forum/peserta yag sama tetapi waktu berbeda bukti fisik berbeda, tidak
terdeteksi palsu
5
Catatan
untuk PTK (revisi terbaru)
•
Seminar dilaksanakan di sekolah/madrasah/kkg/mgmp wilayah/ atau tempat lain
sesuai dengan yang dipersyaratkan, yaitu dihadiri minimal 15 orang guru dari 3
sekolah setingkat. Syarat tsb tidak berlaku untuk sekolah di daerah
terpencil/khusus/siln. Bukti kegiatan seminar ini berlaku utk ak pengembangan
diri bagi peserta yg hadir, tetapi bagi penyaji ketentuan ini tidak berlaku sbg
ak presentasi forum ilmiah.
•
Berita acara berisi keterangan waktu, tempat, peserta, notulen seminar, dan
dilengkapi dgn daftar hadir peserta dan ditandatangani oleh ketua panitia
seminar dan kepala sekolah/ madrasah yg ditempati seminar atau ketua kkg/mgmp
wilayah.
•
Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan minimal 2 (dua) siklus, satu siklus
minimal dua kali pertemuan.
Urutan
pelaporan PKG:
1. Laporan dan evaluasi pk guru
kelas/matapelajaran dgn kolom persetujuan antara penilai dan guru yg dinilai
(cover / lembar 1 lampiran 1b)
2.
Format penghitungan angka kredit hasil pk guru kelas/matapelajaran (nilai pk
guru, nilai pk guru skala 100, konversi ke dlm skala nilai dan sebutannya,
serta perolehan angka kredit utk satu tahun) (lampiran 1d)
3.
Rekap hasil pk guru kelas/matapelajaran, yg ditandatangani oleh guru yg
dinilai, penilai, dan kepala sekolah (lampiran 1c)
4.
Format hasil nilai per kompetensi yg memuat skor per indikator dlm satu
kompetensi, utk semua kompetensi (misal utk guru kelas/matapel adalah 14
kompetensi (lembar ke tiga lampiran 1b)
5.
Format hasil sebelum pengamatan, selama pengamatan, dan setelah pengamatan
(lembar ke dua lampiran 1b) versi lengkap/utuh tulis tangan (lebih baik)
lengkap
6.
Catatan fakta pemantauan tulis tangan (lebih baik) lengkap, jurnal monitoring
7.
Lampiran mp01 (contoh 1 hasil pengisian
kuesioner guru teman sejawat)
8.
Lampiran mp02 (contoh 1 hasil pengisian
kuesioner peserta didik)
f.
Pengembangan
Model-Model Pembelajaran dan Jurnal Belajar
Implementasi Kurikulum 2013 menurut Permendikbud No. 22
Tahun 2016 tentang Standar Proses menggunakan 3 (tiga) model pembelajaran yang
diharapkan dapat membentuk perilaku saintifik, sosial serta mengembangkan rasa
keingintahuan. Ketiga model tersebut adalah (1) model Pembelajaran Melalui
Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning), (2) model Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem-based Learning/PBL), (3) model Pembelajaran Berbasis
Projek (Project- based Learning/PJBL). Selain 3 model yang tercantum dalam
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, guru juga diperbolehkan mengembangkan
pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran yang lain, seperti
Cooperative Learning yang mempunyai berbagai metode seperti: Jigsaw, Numbered
Head Together (NHT), Make a Match, Think-Pair-Share (TPS), Example not Example,
Picture and Picture, dan lainnya.
6
4.Tindak
Lanjut
Setelah kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan (PKB) Melalui MGMP Bahasa Inggris SMP Negeri /
swasta kabupaten sidoarjo tahun pelajaran 2020/ 2021, guru
mendiseminasikan hasil dari musyawarah dan dapat mengembangkan serta
meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun pengembangan Silabus, RPP, Bahan Ajar, karya tulis, Alat
Peraga
dan Pengembangan Instrumen Penilaian
Dengan
diadakannya kegiatan:
· Pengalaman
dalam sharing pembelajaran,
·
Tersusunnya
pengembangan Silabus, RPP, Bahan Ajar,
karya tulis, Alat Peraga
dan Pengembangan Instrumen Penilaian
·
Sertifikat
dari Dinas Pendidikan Kab Sidoarjo 32 JP ber- QR Code BKD
7
Pada bagian akhir laporan ini kami menarik beberapa kesimpulan
dan memberikan beberapa saran baik bagi diri kami sendiri maupun untuk guru
lain. Adapun kesimpulan dan saran yang dapat kami berikan adalah sebagai
berikut:
1.
Guru hendaknya selalu melakukan pengembangan diri baik dengan
mengikuti diklat fungsional maupun kegiatan kolektif guru untuk meningkatkan
pengetahuan dan keterampilannya sebagai guru.
2.
Keterbatasan waktu dan tenaga tidak boleh menghalangi guru
untuk melakukan pengembangan diri karena sudah banyak diklat yang disediakan
untuk guru.
3.Bagian
Akhir : Matrik Ringkasan
Lampiran,
berupa matrik ringkasan pelaksanaan diklat:
Nama Diklat |
Tempat Pelatihan |
Jumlah Jam Pelatihan |
Nama-Nama Fasilitator |
Mata Diklat/ Kompetensi |
Nama Penyelenggara Pelatihan |
Dampak*) |
MGMP |
SMP N 1
Sidoarjo |
4 JP |
Slamet Riyadin, S.STP, M.HP
|
Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten
Sidoarjo Sosialisasi AKM, Program Literasi, dan
PPK |
MGMP Bahasa Inggris
Kabupaten Sidoarjo |
Bagi Guru: Meningkatkan penegtahuan dan keterampilan guru dalam literasi dan PPK Bagi Siswa: Siswa akan menerima pembelajaran
yang bermutu sesuai dari pelatihan yang telah dilaksanakan oleh guru |
MGMP |
SMP N 1
Sidoarjo |
6 JP |
1.
Didik Winarko, M.Pd 2.
Aris Setiawan, M.Pd 4. Yuli S,
M.Pd
|
Pengembangan Silabus, RPP, dan Bahan Ajar
|
MGMP Bahasa Inggris
Kabupaten Sidoarjo |
Bagi Guru: Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun silabus, RPP,
bahan ajar Bagi Siswa: Siswa akan menerima pembelajaran yang bermutu sesuai dari pelatihan
yang telah dilaksanakan oleh guru |
MGMP |
SMP N 1
Sidoarjo |
8 JP |
Adri
Pranoto, M.Pd Wulan Ari Handayani, S.Pd, M.Pd
Amaliah,
S.S |
Pembuatan/Pengembangan Alat Peraga
|
MGMP Bahasa Inggris
Kabupaten Sidoarjo |
Bagi Guru: Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam membuat alat
peraga Bagi Siswa: Siswa akan menerima pembelajaran yang bermutu sesuai
dari pelatihan yang telah dilaksanakan oleh guru |
MGMP |
SMP N 1
Sidoarjo |
8
JP |
Aris Setiawan, M.Pd
|
Pengembangan Karya Ilmiah Guru.
|
MGMP Bahasa Inggris
Kabupaten Sidoarjo |
Bagi Guru: Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam membuat karya
ilmiah guru Bagi Siswa: Siswa
akan menerima pembelajaran yang bermutu sesuai dari pelatihan yang telah
dilaksanakan oleh guru |
MGMP |
SMP N 1
Sidoarjo |
8 JP |
Yuli Sudarmanto, M.Pd Imam Maliki, M.Pd
|
Pengembangan Model-Model Pembelajaran dan Jurnal
Belajar
|
MGMP Bahasa Inggris
Kabupaten Sidoarjo |
Bagi Guru: Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan
model pembelajaran dan jurnal belajar Bagi Siswa: Siswa
akan menerima pembelajaran yang bermutu sesuai dari pelatihan yang telah
dilaksanakan oleh guru |
STRUKTUR KEGIATAN PENINGKATAN KEPROFESIONALAN GURU
MELALUI KEGIATAN KOLEKTIF GURU MGMP BAHASA INGGRIS SMP NEGERI / SWASTA
KABUPATEN SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021
MATA
KEGIATAN
|
JUMLAH
JAM |
|
1 2 3 4 5 6 |
Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kabupaten Sidoarjo Sosialisasi AKM, Literasi, dan PPK Pengembangan Silabus, RPP, dan Bahan Ajar Pembuatan/Pengembangan
Alat Peraga Pengembangan Karya
Ilmiah Guru. Pengembangan
Model-Model Pembelajaran dan Jurnal Belajar
|
2 2 6 8 8 8 |
|
JUMLAH |
34 |
Lampiran – Lampiran
- Foto Copy Undangan
- Surat Tugas
- Foto Copy Sertifikat
- Foto kegiatan
Foto Kegiatan.
LAMPIRAN FOTO-FOTO KEGIATAN
MGMP BAHASA INGGRIS
STRUKTUR
KEGIATAN PENINGKATAN KEPROFESIONALAN GURU
MELALUI
KEGIATAN KOLEKTIF GURU MGMP BAHASA INGGRIS SMP NEGERI / SWASTA
KABUPATEN
SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021
MATA
KEGIATAN |
JUMLAH
JAM |
|
1 2 3 4 5 6 |
Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Sosialisasi AKM, Literasi, dan PPK Pengembangan
Silabus, RPP, dan Bahan Ajar Pembuatan/Pengembangan Alat Peraga Pengembangan Karya Ilmiah Guru. Pengembangan
Model-Model Pembelajaran dan Jurnal Belajar |
2 2 6 8 8 8 |
|
JUMLAH |
34 |
LAMPIRAN FOTO-FOTO
KEGIATAN MGMP BAHASA INGGRIS
No comments:
Post a Comment